Senin, 25 Januari 2010

GEMPA BUATAN

Suatu percobaan peledakan nuklir bawah tanah atau laut dapat menimbulkan getaran bumi yang dapat tercatat oleh seismograph seluruh permukaan bumi tergantung dengan kekuatan ledakan, sedangkan ledakan dinamit di bawah permukaan bumi juga dapat menimbulkan getaran namun efek getarannya sangat lokal.

Artikel lain menyebutkan :

Sejak abad ke-19, kegiatan manusia telah menimbulkan lebih dari 20 gempa bumi yang kuat, kata sebuah laporan dalam surat kabar jerman DIE ZEIT, penambangan adalah pemicu dari separuh gempa bumi tersebut. penyebab lain tampaknya adalah penyedotan gas , minyak bumi atau air; penyuntikan cairan kedalam tanah; dan pembuatan waduk. pada tahun 1989, sebuh gempa bumi di newcastle, Australia menurut para ilmuan disebapkan oleh penambangan batu bara bawah tanah, mengakibatkan 13 orang tewas dan 165 orang luka. menimbulkan kerusakan senialai $3,5 miliar dolar (AS). menurut perhitungan, kerugian yang ditimbulkan lebih dari jumlah uang yang dihasilkan dari pertambangan sejak dimulainya kegitan penambangan di sana. sama juga halnya dengan banjir lumpur di siduarjo jawa timur, bencana alam yang diakibatkan bisa dikatakan tidak sebanding dengan pendapatan usaha tersebut dibandingkan dengan penderitaan masyarakat yang tingal di sekitarnya. bahkan bencana yang diakibatkan oleh manusia sendiri tidak dapat di selesaikan belum lagi bencana siklus alam yang memang sudah harus terjadi.

1 komentar:

  1. Playtech enters North America with JTM
    Playtech, 김제 출장샵 the online gambling company behind the popular 천안 출장마사지 casino of the world's leading 화성 출장샵 online sportsbook, to create 김천 출장샵 a new and innovative 공주 출장마사지 iGaming platform.

    BalasHapus